Home » , » Akuntansi Syariah Juz 1 (Mukadimah)

Akuntansi Syariah Juz 1 (Mukadimah)

Written By Unknown on Selasa, 07 Mei 2013 | 04.51

Keberadaan dan peran akuntansi syariah sering dipertanyakan. Apakah benar akuntansi syariah itu diperlukan? Bukankah yang namanya akuntansi  (sistem pencatatan) pada dasarnya sama? Kalau berbeda dimana letak perbedaan itu?

Secara sederhana pengertian akuntansi syariah dapat dijelaskan dengan akar kata yaitu akuntansi dan syariah. Definisi bebas akuntansi adalah indentifikasi transaksi yang kemudian diikuti kegiatan pencatatan, penggolongan, serta pengihtisaran transaksi  sehingga menghasilkan laporan keuangan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Sedangkan definisi bebas dari syariah adalah aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT untuk dipatuhi oleh manusia dalam menjalani segala aktifitas hidupnya di dunia. Jadi akuntansi syariah dapat diartikan sebagai proses akuntansi atas transaksi-transaksi yang sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Allah SWT.

Berikut perbedaan Akuntansi Syariah dengan Akuntansi Konvensional sebagaimana dijelaskan oleh Harahap (2004) dalam International Scientific Conference; View of Islamic Approach for Accounting Research di Osaka:

Kriteria
Akutansi Syariah
Akutansi Konvensional
Dasar Hukum
Hukum Etika yang bersumber Al-Quran & Sunnah
Hukum Bisnis Modern
Dasar Tindakan
Keberadaan Hukum Allah ( Agama )
Rasionalisme Ekonomi (Sekuler)
Tujuan
Keuntungan yang wajar
Memaksimalkan keuntungan
Orientasi
Kemasyarakatan
Individual atau kepada pemilik
Tahapan operasional
Dibatasi dan tunduk ketentuan syariah
Tidak dibatasi kecuali pertimbangan ekonomis

Maka akuntansi syariah diperlukan untuk mendukung kegiatan yang harus dilakukan sesuai syariah, karena tidak mungkin dapat menerapkan akuntansi yang sesuai dengan syariah jika transaksi yang akan dicatat oleh proses akuntansi tersebut tidak sesuai dengan syariah.

Ada 2 alatan utama mengapa akuntansi syariah diperlukan, yaitu: tuntutan untuk pelaksanaan syariah dan adanya kebutuhan akibat pesatnya perkembangan transaksi syariah.

Referensi:
Sri Nurhayati-Wasilah, Akuntansi Syariah Di Indonesia, Penerbit Salemba Empat, 2013

KULIAH MURAH DI BANDUNG RAYA

KULIAH MURAH DI BANDUNG RAYA
BIAYA SPP 350.000 PER BULAN

BUKU AKUNTANSI SYARIAH

Diberdayakan oleh Blogger.