BAB I PENDAHULUAN

Written By Unknown on Jumat, 25 Oktober 2013 | 07.56

MYOB merupakan software akuntansi yang banyak dipakai dan cukup populer dikalangan perusahaan di Indonesia. Paket software akuntansi umum dalam hal ini berguna untuk merekam seluruh transaksi bisnis, dan menghasilkan laporan keuangan secara otomatis. Software akuntansi yang umum ini bisa dipakai oleh perusahaan dengan skala kecil sampai menengah. Terdapat tiga versi MYOB yang beredar di Indonesia, yaitu:
1. MYOB basic
2. MYOB accounting
3. MYOB premier
MYOB basic adalah varian MYOB yang paling sederhana dan paling murah. Penggunaanya tidak disarankan untuk perusahaan dengan transaksi yang rumit dan menginginkan laporan keuangan yang lengkap. Dalam MYOB basic, tidak ada modul Inventory, tidak ada modul Pembelian, kartu stock, laporan utang, dan tidak bisa send to excel secara otomatis.

MYOB Accounting yang saat ini beredar adalah MYOB versi 18. Satu perbedaan mencolok antara MYOB Basic dengan MYOB Accounting adalah, MYOB Accounting sudah dilengkapi denga fitur untuk melacak persediaan. Secara konsep akuntansi disebut sebagai catatan persediaan perpetual. Jadi setiap ada mutasi barang akan terlacak (barang masuk akibat pembelian atau retur penjualan, maupun barang keluar akibat penjualan atau retur pembelian).

MYOB Premier adalah varian MYOB dengan fitur terlengkap. Perbedaan utama antara MYOB Premier dengan MYOB Accounting adalah fasilitas MYOB premier untuk menangani transaksi multicurrency, fasilitas untuk melacak mutasi antar gudang, serta fasilitas multiuser.


Dalam MYOB, semua vairan memberikan kemudahan kepada pemakainya untuk langsung menggunakan fasilitas untuk memilih jenis usaha sesuai dengan usaha pengguna. Sehingga MYOB langsung akan memberikan semua perkiraan / account sesuai dengan jenis usaha. Namun semua itu tentu saja dengan kondisi yang sebenarnya dan tentunya juga berbahasa Inggris.

Dalam prakteknya, dunia usaha di Indonesia tidak selamanya memakai jenis usaha secara konsisten, sehingga sering terjadi adanya dualisme jenis usaha dalam perusahaan. Contohnya, perusahaan berjenis usaha dalam bidang jasa. Selain menjalankan usaha utamanya dalam bidang jasa, mereka juga menjual barang yang berhubungan dengan jasa tersebut. Begitupun sebaliknya, perusahaan dagang sebagai usaha utama tapi melakukan usaha dalam bidang jasa dalam satu perusahaan tanpa memisahkan usaha tersebut dalam badan usaha yang berbeda. 

Hal tersebut pasti akan membingungkan operator dalam hal ini bagian akunting untuk melakukan input data secara benar. Kasus ini juga akan menjadikan input data lebih dari satu kali dan menggunakan beberapa modul dalam satu dokumen transaksi. Ini tentu akan menjadikan kerja akunting menjadi lebih banyak menyita waktu.

Modul MYOB Accounting ini disajikan sesuai dengan kondisi usaha yang riil yang selalu terjadi di Indonesia sehingga akan memudahkan para operator / akunting untuk mengoperasikan MYOB tanpa menyita waktu karena melakukan input data lebih dari satu modul dalam satu transaksi. Tapi tentunya juga tanpa melanggar aturan yang ada, disini hanya melakukan modifikasi dan memanfaatkan fasilitas lainnya yang tersedia dalam software MYOB. 

Karena cara usaha Indonesia berbeda dengan cara usaha di negara lain dan memodifikasi MYOB untuk cocok dengan kondisi usaha di Indonesia, maka modul ini dinamakan "Menggunakan Software Akuntansi MYOB Ala Indonesia".

KULIAH MURAH DI BANDUNG RAYA

KULIAH MURAH DI BANDUNG RAYA
BIAYA SPP 350.000 PER BULAN

BUKU AKUNTANSI SYARIAH

Diberdayakan oleh Blogger.