Home » » Belajar Ekonomi Syariah di UK

Belajar Ekonomi Syariah di UK

Written By Unknown on Selasa, 27 Agustus 2013 | 23.52


Persiapan pelamar
Calon mahasiswa program master Islamic banking/finance secara umum harus memiliki ijasah Strata satu (S1) dari perguruan tinggi di Indonesia. Namun demikian tidak tertutup kemungkinan bagi pelamar yang telah mempunyai ijasah master (S2) untuk mengambil kembali master bidang studi syariah di Inggris.Dokumen lain yang harus dipenuhi adalah nilai bahasa Inggris dari test international IELTS atau international TOEFL. Secara umum universitas-universitas di Inggris mensyaratkan nilai IELTS di atas 6.5 atau TOEFL antara 550-600. Kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni dari seorang calon mahasiswa akan membantunya dalam memahami materi kuliah yang disampaikan, diskusi dengan pembimbing/dosen, maupun ketika menulis thesis/disertasi di akhir masa studi.
Persiapan lain khususnya di luar akademik adalah dana kuliah. Secara umum semua universitas di Inggris mempunyai skema beasiswa namun demikian jumlah calon mahasiswa yang akan dibiayai umumnya terbatas sedangkan pelamarnya datang dari seluruh dunia sehingga membuat kompetisi untuk mendapatkannya menjadi sangat ketat. Bagi calon mahasiswa yang mempunyai dukungun dana sendiri (self funding) tentunya hal ini bukan menjadi kendala.
Persiapan terakhir adalah persiapan mental/kepribadian. Program master diInggris umumnya hanya berdurasi satu tahun akademik (dua semester) danmempunyai dua bentukcourse based atau research based. Untuk yang course based beban kuliah dan tugas-tugas akademiknya cukup padat dengan tingkatpersaingan dengan mahasiswa asing (Eropa, Asia, Afrika) cukup tinggi. Sementara itu, research based mensyaratkan latar belakang S1 yang cukup kuat karena target program adalah menghasilkan hasil penelitian (master thesis) yang berkualitas sedangkan perkualiahan sifatnya hanya untuk menunjang penelitian yang dilakukan.
Program doktoral di Inggris juga hanya berdurasi cukup singkat, antara 3-4 tahun. Berbeda dengan negara-negara lain, PhD program di Inggris berorientasi riset (research based) sehingga kemampuan, kedisiplinan dan kegigihan mahasiswa menjadi syarat dan bekal utama untuk dapat lulus dengan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, secara umum calon mahasiswa program master/PhD di Inggris harus mempunyai kemampuan akademik yang baik, mental belajar yang tinggi dan daya juang yang tinggi. Berbeda dengan calon pelamar master, pelamar PhD harus terlebih dahulu menyiapkan riset proposal sebagai salah satu bahan pertimbangan utama aplikasi PhD yang diajukan.
Apabila semua dokumen sudah tersedia, proses aplikasi dapat dilakukan online(hampir semua universitas menyediakan fasilitas apply onlineatau paper based. Bagi pelamar PhD, sangat direkomendasikan untuk menghubungi professor (dosen) di Universitas yang akan dilamar.
Program Master/PhD yang ada di Inggris
Program master di bidang Islamic banking/finance/economics masih belum banyak tersedia di Universitas-universitas di Inggris, walaupun jumlah yang sekarang ada sudah merupakan yang paling banyak se-Eropa. Berikut ini universitas-universitas yang mempunyai program (kuliah) master/PhD Islamic banking/finance/economics di wilayah Inggris raya.
Durham University
School of Government and International Affairs (SGIA) – Durham Universitytermasuk satu dari sedikit universitas di Inggris yang mempelopori program master/PhD. Berkerja sama dengan Durham Business School, SGIAmenawarkan tiga program master di bawah payung the Durham Center for Islamic Economics & Finance: (i) MA in Islamic Finance (course based) (ii) MScin Islamic Finance (course based) and (iii) MA in Islamic Finance (research based).Sementara di level PhD degree, SGIA membimbing riset-riset mahasiswa terkaitIslamic banking product, risk management in Islamic banking, Islamic economics,dll. Tahun ajaran baru untuk program master adalah September/Oktober setiap tahunnya sedangkan riset PhD tidak mensyaratkan waktu tertentu untuk memulainya. SGIA mempunyai tenaga pengajar (Islamic scholar) antara lain Prof. Rodney Wilson, Prof. Habib Ahmed dan Dr. Mehmet Asutay, nama-nama yang sudah tidak asing lagi di dunia perbankan syariah dan beberapa dosen berpengalaman lainnya. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat padahttp://www.durham.ac.uk atau email: mehmet.asutay@durham.ac.uk.
Bangor University
Bangor Business School – Bangor University mempunyai dua program course baseddi bidang syariah yaitu (i) MA Islamic Banking and Finance (ii) MSc Islamic Banking and Finance. Riset PhD/MPhill program untuk topik-topik Islamic banking and finance juga memungkinkan untuk dilakukan, dibawah bimbingan Prof. PhilipMolyneux, salah seorang pakar eropa di bidang ini. Awal tahun ajaran program master dan PhD disini juga mengikuti ketentuan umum di Inggris yaitu September/Oktober. Selain memiliki program akademik master/PhD bidangIslamic banking/finance, Bangor Business
School juga memiliki skim beasiswa yang disebut BBS gold scholarship dan BBS silver scholarship bagi calon mahasiswa program master degree. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di http://www.bbs.bangor.ac.uk/postgrad, email :postgradbbs@bangor.ac.uk atau telp + 44 (0)1248 382644.
Markfield Institute of Higher Education (MIHE)
MIHE adalah lembaga khusus yang didirikan oleh Islamic foundation Inggris untuk penelitian, pelatihan maupun pendidikan bidang Islamic economics/banking danfinance. Terletak di daerah Leicester, MIHE memiliki program MA Islamic banking and finance sejak tahun 2003 dan bekerja sama dengan GloucestershireUniversity. Selain master degree, MIHE juga menawarkan program PhD untuk risetIslamic economics/banking dan finance dengan tenaga pembimbing/pengajarantara lain Prof. Khursid Ahmad, salah seorang founding fathers Islamic economicsdan Dr. Seif Tag El Din. Informasi lebih lanjut tersedia dihttp://www.mihe.org.uk, email register@mihe.org.uk atau telp +44(0) 1530 244922.
Reading University
Program master/PhD Islamic banking and finance di Reading University beradadibawah International Capital Market Association (ICMA Center) di Henley Business School. ICMA memiliki program MSc Investment banking and Islamic finance bekerja sama dengan INCEIF (International Centre for Education in Islamic Finance), Kuala Lumpur. Riset Islamic banking and finance di level PhD di bimbing oleh tenaga pengajar dari ICMA maupun INCEIF, Malaysia. Seperti institusi pendidikan lainnya di Inggris, ICMA memiliki skim beasiswa sampai dengan £10.000 bagi calon mahasiswa master. Informasi lengkap dapat dilihat diwww.icmacentre.ac.uk, email postgrad@icmacentre.ac.uk, telp +44 (0)118 378 8239.
City University of London
Cass Business School – City University of London memiliki program executive MBA – Dubai konsentrasi Islamic finance dengan waktu kuliah di luar jam kerja (Kamis-Minggu). Program yang bekerja sama dengan Dubai Islamic Finance Program (DIFP) ini memiliki keunggulan akses di dua tempat: London (pusat keuangan dunia di eropa) dan Dubai (pusat keuangan Islam di timur tengah). Tenaga pengajar dari London dan Dubai menjadi andalan program ini untuk bersaing dengan program-program sejenis di United Kingdom. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di http://www.cass.city.ac.uk.
Lancester University
Lancester University Management School mempunyai program MSc in Money, Banking and Finance yang memiliki kuliah Islamic Economics yang di-launchingtahun 2007 lalu. Riset PhD Islamic banking and finance juga memungkinkan dibawah bimbingan Dr. Marwan Izzeldin, pencetus kuliah Islamic economics. Tahun ajaran baru adalah bulan September/Oktober setiap tahunnya dan informasi tentang hal ini dapat dilihat di www.lancester.ac.uk atau emailm.izzeldin@lancaster.ac.uk, telp +44 (0) 1524 594674.
Salford University
Salford Business School – University of Salford akan meluncurkan program MSc Islamic Banking and Finance berdurasi satu tahun (full time) atau tiga tahun (part time) pada bulan September 2010 dan Februari 2011 nanti. Informasi perkembangan lebih lanjut mengenai program ini dapat diketahui darihttp://www.salford.ac.uk.
Kontak Professor/Dosen bidang Islamic Banking/Finance/Economics/Accounting.
Untuk melengkapi informasi di atas, khususnya bagi pelamar PhD yang membutuhkan informasi para pengajar yang dapat mensupervisi riset-riset dibidang syariah, berikut nama dosen/pembimbing PhD, lembaga tempat mengajar dan kontak email yang dapat dihubungi:
Prof. Rodney Wilson (Durham University), r.j.a.wilson@durham.ac.uk
Prof. Habib Ahmed (Durham University), habib.ahmed@durham.ac.uk
Dr. Mehmet Asutay (Durham University), mehmet.asutay@durham.ac.uk
Prof. Philip Molyneux (Bangor University), p.molyneux@bangor.ac.uk
Dr. Andi Molyneux (Birmingham Business School), a.w.mullineux@bham.ac.uk
Prof. Jim L. Fort (Birmingham University), j.l.ford@bham.ac.uk
Prof. John Wilson (St. Andrews School of Management), jsw7@st-andrews.ac.uk
Dr. Tavakoli (St. Andrews School of Management), mt@st-andrews.ac.uk
Dr. Seif Tag El Din (MIHE), stageldin@hotmail.com
Dr. Marwan Izzeldin (Lancester University), m.izzeldin@lancaster.ac.uk
Prof. Ros Haniffa (Bradford University), R.Haniffa@bradford.ac.uk
Dr. Mohammad Hudaib (University of Essex), mhudaib@essex.ac.uk
Dr. Mohammed Shaban (Leicester University), m.shaban@le.ac.uk
Informasi Beasiswa
Untuk informasi peluang beasiswa untuk kuliah di Inggris khususnya untuk pelajar Indonesia dapat dibaca di http://atdikbudlondon.com/indonesian-students/beasiswa/.
Sumber: MES-UK Newsletter, Volume 1, Nomor 1 Tahun 2009, dan update terbaru (September 2012).

KULIAH MURAH DI BANDUNG RAYA

KULIAH MURAH DI BANDUNG RAYA
BIAYA SPP 350.000 PER BULAN

BUKU AKUNTANSI SYARIAH

Diberdayakan oleh Blogger.